Gunakan penampung contoh bahan uji (sampel)

Sebagai alat bantu pada saat menimbang, wadah (cawan) seringkali digunakan untuk menampung bahan oleh laboran. Wadah penampung tersebut biasanya berupa cawan porselen, gelas kimia, gelas beaker (beker), dan kaca/gelas arloji.

Ada beberapa alasan mengapa diperlukan cawan untuk menampung contoh atau sampel bahan uji. Beberapa alasan diantaranya adalah:

  • bahan tertimbang berbentuk cair atau serbuk
  • bahan tertimbang memiliki sifat reaktif (korosif, acidic, alkali)
  • untuk mendapatkan bobot bahan tertimbang lebih presisi

Contoh uji kadar air

Mungkin saat ini anda bekerja sebagai analis di laboratorium dan ditugaskan untuk menguji kadar air zat dengan metode SNI. Saat mengukur kadar air, maka anda akan sering menggunakan timbangan analitik dan desikator.

Desikator biasanya dilengkapi dengan butiran silika gel. Silika gel ini berfungsi untuk mengikat uap air di udara.

Saat melakukan uji kadar air, maka ada tahapan dimana anda mengeluarkan bahan yang telah dikeringkan dengan oven. Bahan tersebut tidak boleh langsung ditimbang karena masih berada dalam kondisi tidak stabil. Bahan tersebut masih mengeluarkan uap air yang jika ditimbang maka bobot tertimbang terus berkurang.

Fungsi desikator

Untuk membuat bobot bahan (keluar dari oven) tersebut stabil, maka langkah selanjutnya adalah menyimpan sementara bahan tersebut di dalam desikator. Desikator disini berfungsi untuk membuat massa benda dalam kondisi tetap pada suhu ruang dan tekanan ruang.

Ingat: anda tidak akan mendapati benda yang anda timbang stabil bobotnya, jika dalam keadaan panas. Bahkan kondisi vakum diperlukan untuk memenuhi standar uji analisa bahan tertentu pada saat penimbangan.

Kalibrasi Neraca Analitik

Cara Kalibrasi Neraca Analitik Digital

Supaya timbangan analitik bekerja secara maksimal dan mendapatkan hasil timbangan yang presisi dan akurat, maka sebaiknya timbangan analitik diletakkan pada tempat yang datar. Terlebih lagi jika anda memerlukan takaran yang tepat untuk uji.

Setelah diletakkan di tempat yang datar, maka anda perlu melakukan kalibrasi sebelum digunakan. Cara kalibrasi timbangan analitik digital adalah dengan melihat gelembung pada indikator di bagian belakang neraca. Usahakan gelembung tersebut berada di tengah.

Cara Kalibrasi Timbangan Analitik Analog

Kalibrasi timbangan analitik analog berbeda dengan timbangan digital. Anda memerlukan bantuan alat lain, yakni waterpass. Waterpass berfungsi untuk memastikan meja dudukan neraca benar-benar datar. Gunakan anak timbangan standar dan anak timbangan pembanding untuk membuat neraca terkalibrasi dengan baik. Oh iya, pastikan anda membaca prosedur kalibarasi yang disertakan di setiap pembelian neraca analitik.

Cara kerja gelembung pada neraca digital memang mirip dengan prinsip dari waterpass. Fungsi neraca/timbangan menjadi lebih maksimal jika dilakukan kalibrasi secara berkala.

Massa adalah Besaran Pokok

Dalam ilmu fisika, pengertian zat adalah sesuatu yang menempati ruang dan memiliki massa. Massa merupakan salah satu besaran pokok/dasar. Berikut www.alatalatlab.com bahas besaran dan satuan yang ada di dunia dan disepakati oleh para ahli dan ilmuwan.

Masih ingat pelajaran SMP atau SMA tentang fisika yang membahas besaran dan satuan? Secara mudah, besaran adalah sesuatu yang diukur sedangkan satuan adalah cara menyatakan ukuran tersebut. Ambil contoh panjang jalan antara Anyer – Panarukan adalah 1. 000 kilometer (km). Maka anda dapat mengambil kesimpulan yang diukur adalah panjang dan panjang dinyatakan dengan satuan kilometer (km). Yuk kita bahas satu per satu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tim kami siap menjawab pertanyaan Anda. Tanya kami apa saja!
//
Sales Manager Area Jawa Barat
BAYU SOFYAN
Available
//
Sales Area Jawa Timur
MARYOTO
Available
//
Sales Manager Area Jakarta
ABDUL SYUKUR
Available
We use cookies to make your experience of our websites better.